Prinsip Kerja Solenoid Valve

Solenoid valve adalah katup yang digerakan oleh energi listrik, mempunyai kumparan sebagai penggeraknya yang berfungsi untuk menggerakan piston yang dapat digerakan oleh arus AC maupun DC, solenoid valve atau katup (valve) solenoida  mempunyai lubang keluaran, lubang masukan dan lubang exhaust, lubang masukan, berfungsi sebagai terminal / tempat cairan masuk atau supply, lalu lubang keluaran, berfungsi sebagai terminal atau tempat cairan keluar yang dihubungkan ke beban, sedangkan lubang exhaust, berfungsi sebagai saluran untuk mengeluarkan cairan yang terjebak saat piston bergerak atau pindah posisi ketika  solenoid valve bekerja.
Prinsip kerja dari solenoid valve/katup (valve) solenoida yaitu katup listrik yang mempunyai koil sebagai penggeraknya  dimana ketika koil mendapat supply tegangan maka koil tersebut akan berubah menjadi medan magnet sehingga menggerakan piston pada bagian dalamnya ketika piston berpindah posisi maka pada lubang keluaran dari solenoid valve akan keluar cairan yang berasal dari supply, pada umumnya solenoid valve mempunyai tegangan kerja 100/200 VAC namun ada juga yang mempunyai tegangan kerja DC.
prinsip kerja solenoid valve
pengertian solenoid valve

 Gambar solenoid valve
struktur fungsi solenoid valve

Gambar struktur fungsi solenoid valve

Keterangan Gambar :
1.      Valve Body
2.      Terminal masukan (Inlet Port)
3.      Terminal keluaran (Outlet Port)
4.      Koil / koil solenoid
5.      Kumparan gulungan
6.      Kabel suplai tegangan
7.      Plunger
8.      Spring
9.      Lubang / exhaust

12 komentar:

  1. belinya dimana gan? daerah tangerang ada ga? thanks..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ane bantu ya, coba hubungi no ini gan 021 3725 0521

      Hapus
  2. jakarta glodok banyak

    BalasHapus
  3. Nama tokonya apa gan di jakarta glodok?

    BalasHapus
  4. gan, saya beli keran valve elektrik 12 vdc trus di coba di tekanan air di galon, nyoba nya langsung sih dri power suplly 12 volt,.kok keluaran airnya kecil nya? apa tekanan nya kurang? klo kurang bisa gak di modifikasi kerannya supaya bisa di gunakan di tekanan air pada galon...terima kasih mohon bantuannya..

    BalasHapus
  5. cari perhitungan head waternya, dari ketinggian air galon dan diameter discharge solenoidnya. setidaknya itu dari mekanik
    dari elektrik bisa dikarenakan untuk menggerakkan plunger ga cukup komponen voltage, karena dibutuhkan gaya magnet yang dihasilkan oleh daya listrik yang di konversi oleh kumparan, daya listrik berasal dari kombinasi voltage dan ampere, maka cek ampere sumbernya.

    untuk modifikasi disarankan jangan....

    BalasHapus
  6. saya mau nanya apa ya hubungannya selenoid dengan dental chair yang ada sekarang, ada yang bilang dental chair buatan cina selenoid nya sering rusak dibandingkan buatan brazil. apakah ada spesifikasi selenoid yang bagus dan tidak? terimakasi

    BalasHapus
  7. Tempat saya bnyak.
    0819841669

    BalasHapus
  8. admin,, minta sumbernya boleh?
    untuk referensi daftar pustaka

    BalasHapus
  9. bisa kah alat ini digunakan untuk pengisian bak kamar mandi secara otomatis ?
    jadi ketika bak penuh alat ini akan menutup sendiri sehingga kita tidak perlu lagi nungguin bak kamar mandi sampai penuh.
    mohon pencerahannya...

    makasih

    BalasHapus
  10. Slm knl Mer,
    Saya ingin bertanya..., Untuk Seri SV+Pompa+Level control apa bisa..?
    untuk cara intalasi kabelnya ? Saya mempunyai mesin RO+Level Switch , saya ingin menambahkan SV di Jalur masukan Pompa RO dari Pompa Supply, fungsinya agar Jika Level Switch+Pompa posisi ON, SV juga ON ( Jalur Supply keluaran SV terbuka ) Jika Level Switch+Pompa Mati , Jalur Supply masukan dari pompa Supply Tertutup... Apa bisa di seri agar berfungsi bersamaan & Tipe SV apa Mer... Terimakasih

    BalasHapus

Silahkan Bergabung dulu untuk meninggalkan komentar Anda,Terima Kasih...!!!