Sensor Berat di dunia Industri | Penggunaan Load cell di Pabrik Semen



Secara prinsip load cell itu sensor timbangan yang bekerja secara mekanis, dimana Load Cell menggunakan prinsip tekanan yang memanfaatkan Strain Gauge sebagai pengindera (sensor). Strain Gage adalah sebuah transducer pasif yang merubah suatu pergeseran mekanis menjadi perubahan tahanan. Perubahan ini kemudian diukur dengan jembatan Wheatstone dimana tegangan keluaran dijadikan referensi beban yang diterima load cell.
diagram wiring load cell
 Gambar Wiring Diagram Load Cell
Dimana load cell biasanya meminta excitation voltage sebesar 10 VDC dan sehingga keluarannya berupa mV.
strain gauge pada jembatan wheatstone
Gambar Strain Gauge pada Jembatan Wheatstone
Bentuk dan kapasitas load cell banyak macamnya, tergantung kebutuhan pemakaain. Seperti gambar dibawah ini.
jenis dan type ukuran load cell sensor
Gambar Jenis dan Type Ukuran Load Cell
Dipabrik semen Load cell banyak digunakan untuk menimbang berat bin, packing, belt weigher ataupun di weigh feeder. Dalam hal ini biasanya keluaran load cell langsung di olah oleh controller karna perlu perhitungan langsung untuk menghasilkan perhitungan masing-masing. Misal untuk mendapatkan flow rate suatu belt conveyor maka controller membutuhkan data berat dari load cell dan juga kecepatan belt conveyor yang bisa diambil dari inverter motor belt conveyor.

Note : Pemasangan load cell yang perlu diperhatikan adalah groundingnya, pastikan load cell aman jika ada pengerjaan yang berkaitan dengan pengelasan di area sekitar load cell.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Bergabung dulu untuk meninggalkan komentar Anda,Terima Kasih...!!!