Sensor Level di Dunia Industri | Pengukuran Level di Pabrik Semen



Sensor Level merupakan sensor yang mendeteksi atau mengukur ketinggian/volume suatu benda baik itu cair/liquid ataupun solid. Sistem pengukuran level terbagi dua yaitu pengukuran level titik (point) yang merupakan pengukuran secara diskrit/digital yang biasanya menggunakan metode pensaklaran switching sebagai contoh signal untuk level low-low, low, high, high-high, ada juga sistem pengukuran level Kontinyu pengukuran ini menggunakan metode analog (4-20 mA) contoh seperti sensor level yang memakai prinsip kerja gelombang mikro (microwave radar) atau gelombang suara (ultrasonic). Berikut jenis-jenis sensor level yang sering kita temui di dunia indutri khususnya pabrik semen:

Level Switch
sensor level switch di dunia industri
 Gambar Sensor Level Switch
Prinsip kerja dari sensor level switch ini cukup sederhana, sensor ini cuman melakukan pensaklaran biasa, apabila material semen kontak dengan sensor sehingga switch tertekan maka kita cukup menghubungkan kaki NO/NC nya dengan tegangan signal baik itu 24 VDC atau 220 VAC, yang kemudian signal kita dapat teruskan ke controller (PLC/DCS).

Radar Level
 Gambar Radar Level Sensor
prinsip kerja radar level sensor
 Gambar Prinsip Radar Level Sensor
Prinsip kerja sensor ini mengeluarkan gelombang mikro (microwave) yang kemudian gelombang tersebut kembali dipantulkan oleh material yang diukur, dan rentang waktu antara pengiriman (transmitter) sampai kembali di terima (receiver) ini kemudian dikali kecepatan cahaya dibagi dua sehingga kita mendapatkan jarak ketinggian (4-20 mA).

Silo Pilot
silo pilot sensor level
 Gambar Silo Pilot
 Gambar Silo Pilot
prinsip kerja sensor level silo pilot
 Gambar Prinsip Pengukuran Level Silo Pilot
Prinsip kerja dari silo pilot ini ialah yang pertama silo pilot akan mendapatkan perintah/command (CCR/Local) yang memerintahkan motor untuk menurunkan bandul, lalu jika bandul menyentuh material maka pita pada silo pilot akan mengendor sehingga menyentuh/menekan kontak switch pada silo pilot yang kemudian silo pilot memerintahkan motor untuk membalik putaran sehingga bandul kembali naik ke atas, dengan itu ketinggian/volume material dapat diketahui dari panjang pita bandul yang diturunkan tadi. Signal dari silo pilot ini berupa analog (4-20 mA atau 0-20 mA).

Penggunaan sensor level di pabrik semen biasanya di pasang di bin material, Silo ataupun untuk mengetahui ketinggian/volume tandon air (water treatment). Dari ketiga sensor level di atas yang paling cocok untuk pengukuran level di pabrik semen adalah silo pilot karena selain cukup handal sensor ini juga baik untuk pengukuran material bulk seperti semen .
Terima Kasih dari saya,,,semoga bermanfaat.
Salam berbagi !!!

2 komentar:

  1. Wah, Master. Bagi Sharing Ilmunya Oy.
    http://goo.gl/Y1Q1T

    BalasHapus
  2. mas belinya dimana sensor silo pilot mhn kabari di

    BalasHapus

Silahkan Bergabung dulu untuk meninggalkan komentar Anda,Terima Kasih...!!!