Khasiat Madu Sebagai Obat Segala Penyakit | Tips Pengobatan dalam Islam


Dewasa ini Khasiat Madu Sebagai Obat Segala Penyakit tidak perlu diragukan lagi, Dunia kedokteran modern saat ini telah menetapkan selain sebagai makanan madu juga berfungsi sebagai obat yang dapat menyembuhkan banyak penyakit. Diantara lain penyakit yang dapat disembuhkan dengan madu adalah : penyakit luka-luka (al-juruh), penyakit saluran pernafasan bagian atas, pilek, penyakit-penyakit usus (al-ri’ah), penyakit-penyakit hati, lambung, penyakit jantung (al-kabidi), penyakit kulit dan mata, madu juga dapat mengobati penyakit sariawan (al-hassaiyah), menormalkan tekanan darah, penyakit ginjal, mencegah penuaan, kolesterol, kerontokan rambut, kencing batu, rematik dan madu juga dapat membunuh kuman-kuman. Serta sekarang ini banyak yang memakai madu untuk obat jerawat.

Gambar Madu adalah Obat dari Segala Penyakit dan dianjurakan dalam pengobatan islam
 Gambar Madu adalah Obat dari Segala Penyakit
Allah berfirman tentang khasiat madu sebagai obat :
“Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia.” (Qs an-Nahl:69)
“Sesungguhnya, perumpamaan orang mukmin seperti lebah, ia makan hal-hal yang baik (sari bunga), memberikan madu dengan cara yang baik, dan hinggap dengan cara yang baik, maka ia tidak menyebabkan patah dan tidak pula merusak.” (Hr Ahmad)

Dan diperkuat dengan sabda Rasulullah yang menyatakan bahwa madu sebagai obat:
“Hendaklah kalian melakukan penyembuhan yaitu dengan madu dan Al-qur’an.”(Hr Ibnu Majah)

Berbagai jenis enzim terdapat dalam madu, diantaranya adalah diastase, invertase, katalase, peroksidase dan lipase. Madu adalah jenis makanan alami yang paling tinggi kadar enzimnya. Enzim-enzim katalase berperan memecahkan peroksida, suatu ransum limbah metabolisme (radikal bebas) yang mempercepat proses ketuaan.

Manfaat atau khasiat madu antara lain :
  1. Mudah diserap (diabsorpsi) oleh usus
  2. Memberikan kekuatan (energi), yang dalam satu kilogram madu dapat memberikan 3.250 kalori.
  3. Tidak merobek dinding-dinding bagian dalam dari alat-alat pencernaan.
  4. Mempunyai pengaruh secara alamiah melalui proses perlahan-lahan sehingga membantu selama penyembuhan berbagai penyakit-penyakit dalam tubuh.

Madu juga lebih aman untuk digunakan dibanding obat yang mengandung bahan kimia, serta termasuk dalam natural health foods. Bahkan dari berbagai negara yang paling gemar mengkonsumsi madu adalah masyarakat Jerman Barat dan Swiss. Dan terbukti kedua Negara memiliki rata-rata umur penduduk yang paling tinggi.

3 komentar:

  1. Wah kalo udah tau manfaat madu, harus minum secara rutin nih. tks artikelnya mantap

    BalasHapus
  2. kesimpulannya... tanpa disadari MEREKA yg non muslimpun mengikuti apa yg Allah firmankan didalam Al Quran.... tidak hanya dlm hal madu sbg obat tp byk hal yg mereka adopsi dari hal2 yg diajarkan ISLAM.. semoga terbuka hati mereka dan mengakui ISLAM itu ada kebenaran.. Amiiiin.....

    BalasHapus
  3. Klo gitu lebih baik minum madu dari pada minum obat yang gak jelas..

    BalasHapus

Silahkan Bergabung dulu untuk meninggalkan komentar Anda,Terima Kasih...!!!