Pendapat Cendekiawan dan Filosof Barat Tentang Islam | Islam itu Indah


Berikut ini adalah kumpulan pendapat atau komentar orang-orang barat terhadap Agama Islam. Mereka memberikan komentar tentang Islam secara obyektif dan berdasarkan dengan pengalaman dan apa yang mereka pelajari terhadap Islam selama ini.

George Sarton (dosen Universitas Harvard) :
“Sesungguhnya Islam merupakan tatanan agama yang paling tepat sekaligus paling indah dibanding agama-agama lain. Namun kaum muslimin sendirilah yang menjauhkan dari hakekat yang di bawa Islam” Lanjutnya lagi : “ Kalau kita melihat Islam dari perbuatan kaum muslimin, sudah tentu kita tidak akan melihat bahwa agama islam itu utuh”.
gambar Pendapat Cendekiawan dan Filosof Barat Tentang Islam dan Islam itu Indah
 Gambar Islam itu Indah dan menjungjung kedamaian
Penulis besar dan sejarawan Inggris terkenal Bernard Shaw mengatakan :
“Islam telah menyerukan pada kebebasan (demokrasi), persaudaraan, persamaan dan sudah menggariskan berbagai sarana dan merealisasikannya, sudah menyusun pola kebenaran, keadilan dan toleransi. Ia menyerukan kerjasama dalam kebenaran, kebaikan dan perbaikan. Semuanya harus dilakukan di bawah ayoman kasih sayang, keikhlasan dan kedamaian”.

Sejarawan Inggris tersohor, Arnold Toynbee berkata :
“ Risalah Islam bukan hanya diperuntukkan bagi negeri Arab saja, tetapi untuk seluruh dunia, karena memang tidak ada Tuhan lebih dari satu, begitu pula tidak mungkin ada agama lebih dari satu yang kafah (sempurna) bagi seluruh umat manusia.”

Lords Hideli menyatakan :
“ Kalau Inggris menyusun suatu panitia yang terdiri dari para ilmuwan dan cendekiawan, untuk memiliki agama yang paling baik untuk dijadikan agama dunia seluruhnya, tentu mereka akan sepakat memilih Islam.”

Comte Henry de Castri dari Perancis salah satu pejabat tinggi perancis di Aljazair :
“Sesungguhnya kaum muslimin itu memiliki ciri khusus, yaitu suka pada perdamaian, senang pada kebebasan berpikir dalam pergaulan dan menerima kenyataan tentang adanya perbedaan pendapat. Itulah yang membuat kami yakin dengan keterangan Robinson, bahwa pengikut Muhammad itu sajalah yang mampu mempertemukan antara perangai yang baik dan cinta dalam menyebarkan agamanya. Justru rasa cinta itulah yang mendorong bangsa Arab dalam perjalanan penaklukannya, lalu menyebarkan Al-Qur’an ke berbagai penjuru mengikuti jejak pasukannya yang tak terkalahkan itu. Sepanjang perjalanannya itu mereka tidak meninggalkan kesan buruk, kecuali yang tidak bisa dihindari, seperti dalam peperangan, dan lain-lain. Mereka tidak pernah membunuh satu orangpun karena tidak mau masuk Islam.”

R.F Burlemi mengatakan :
“Dalam Islam tidak ada rintangan karena warna kulit si Muslim. Tidak peduli apakah orang mukmin itu berukulit putih, hitam atau berkulit kuning, semuanya akan dilakukan atas dasar persamaan.”

Dr. Izeko Insayato menyatakan :
“Sesungguhnya syari’at Islam dalam banyak penelitiannya mengungguli perundang-undangan Eropa, mala dialah yang memberi kepada dunia perundang-undangan yang paling kuat dan kukuh.”

Sejarawan dan orientalis dari Perancis, Ernest menyatakan :
“Sesungguhnya bangsa barat tidak lama lagi akan mengenal apa itu Islam dan akan mengakui bahwa di sana terdapat bangsa-bangsa yang lebih beradab dari mereka, dan dengan demikian tidak heran jika mereka banyak belajar dari orang-orang Timur dalam penciptaan dan adat istiadat.”

Dan masih banyak lagi pendapat Ilmuwan dan cendikiawan barat yang menyatakan bahwa Islam memang agama yang benar.
“Kebenaran tidak akan bisa tertutupi dimana cahayanya akan terus tampak dan terang benderang seiring waktu yang akan memperjelas dan mempertegasnya” (Meri Wardana)
Semoga Bermanfaat teman !!! 

4 komentar:

  1. iya, sudah seharusnya... keyakinan ini selalu pada islam!

    BalasHapus
  2. al-islam agama pedoman ummat....

    BalasHapus
  3. Pendapat George Sarton yang paling atas, saya setuju sekali.
    banyak orang barat yang salah menggambarkan islam.

    BalasHapus
  4. Kebenaran Islam Adalah Rahmatanlil'alamiin itu bisa dipastikan bahwa hanya Islam agama yang mampuh membawa misi perdamaian, ketentraman, kesejukan pada seluruh makhluk yang ada dimuka bumi ini.. jika Islam di realisasikan secara utuh menyeluruh dan benar.. akhlaqul Karimah yang di contohkan Rosulullah dalam menyebarkan dan menyampaikan ajaran Islam dan mampuh berhasil diterima dan diyakini oleh Ummat beliau itu merupakan bukti bahwa: Islam adalah ajaran yang pemuh hikmah dan Akhlakul Karimah.. siapa manusia yang tidak ingin hidup aman, damai, tentram, sejahtra, adil dalam hak kesederajatan hidup berbangsa dan bernegara dalam kehidupan dunia.Semua itu merupakan Pokok-pokok ajaran Rosulullah dalam memgembangkan dan menyampikan Islam selaku Rosulullah.. Dan itu dipraktekan atau direalisasikan dg hikmah kenabiaannya Beliau. Islam Sekarang bisa berhasil apabila Ajaran agama Islam yg sangat suci dan mulia ini benar-benar dikembangkan dan disampaikan secara Amaliah keilmuan yg di barengi contoh Amaliah Akhlaqul Karimah.. Ilmuan Filsapat dapat dimaklumi mengapa mengagumi ajaran Islam Karena mereka tahu isi kandungan pokok-pokok kemuliaan islam..ajaran Yang suci dan penuh cinta dan kedamaian juga keadilan.. Wallahu'alam.. salam santunku untuk sodaraku Semua.. Wassalam.

    BalasHapus

Silahkan Bergabung dulu untuk meninggalkan komentar Anda,Terima Kasih...!!!