PRAKTIKUM KONTROL PROSES II

Tujuan Percobaan

  1. Mengetahui pengertian dari kontrol proses.
  2. Mengetahui tentang aplikasi dari kontrol proses.
  3. Mengetahui komponen-komponen pada kontrol proses.

Alat-alat

  • Modul simulasi boiler
  • Modul simulasi level air

Teori Dasar

Kontrol proses merupakan salah satu studi pembelajaran yang diadaptasi dari ilmu fisika. Adapun yang dipelajari dalam bidang studi ini ialah instrumentasi industri(alat-alat industri). Program studi ini meliputi tentang pH, Level, Pressure, dan Flow. Ciri khas dari kontrol proses itu sendri adalah control valve, yang juga digunakan sebagai lambang kontrol proses dan kontrol mekanik.
Komponen-komponen pendukung kontrol proses :
Sensor suhu adalah alat yang digunakan untuk merubah besaran panas menjadi besaran listrik yang dapat dengan mudah dianalisis besarnya. Ada beberapa metode yang digunakan untuk membuat sensor ini, salah satunya dengan cara menggunakan material yang berubah hambatannya terhadap arus listrik sesuai dengan suhunya.
Menggunakan bahan logam
Logam akan bertambah besar hambatannya terhadap arus listrik jika panasnya bertambah. Hal ini dapat dijelaskan dari sisi komponen penyusun logam. Logam dapat dikatakan sebagai muatan positif yang berada di dalam elektron yang bergerak bebas. Jika suhu bertambah, elektron-elektron tersebut akan bergetar dan getarannya semakin besar seiring dengan naiknya suhu. Dengan besarnya getaran tersebut, maka gerakan elektron akan terhambat dan menyebabkan nilai hambatan dari logam tersebut bertambah.
Menggunakan bahan semikonduktor
Bahan semikonduktor mempunyai sifat terbalik dari logam, semakin besar suhu, nilai hambatan akan semakin turun. Hal ini dikarenakan pada suhu yang semakin tinggi, elektron dari semikonduktor akan berpindah ke tingkat yang paling atas dan dapat bergerak dengan bebas. Seiring dengan kenaikan suhu, semakin banyak elektron dari semikonduktor tersebut yang bergerak bebas, sehingga nilai hambatan tersebut berkurang
Untuk mendapatkan sinyal listrik yang baik dengan sedikit kegaduhan, dapat digunakan jembatan Wheatstone dan rangkaian Lock in Amplifier.

MACAM-MACAM SENSOR SUHU
  • Bimetalic Temperatur Sensor
  • Thermocouples
  • Resistance Temperature Detectors
  • Thermistors
  • Integrated Circuit Temperature Sensor

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Bergabung dulu untuk meninggalkan komentar Anda,Terima Kasih...!!!