CONTOH PENGGUNAAN KONTROL PROGRAM PADA MATLAB

Penggunaan kontrol program pada matlab sangat jarang dipakai karena Matlab mempunyai fungsi dan karakteristik yang berbeda dengan bahasa pemrograman lain yang sudah ada lebih dahulu seperti Delphi, Basic maupun C++. Kegunaan matlab secara umum adalah untuk Komputasi Matematika, pemodelan, simulasi, dan pembuatan prototype. Ini terlihat pada postingan sebelumnya yang membahas tentang penyelesaian persamaan linear, penyelesaian matriks, penyelesaian transformasi, ataupun pembuatan grafik dengan matlab. Tapi terlepas dari itu semua matlab juga mampu mengenal kontrol program seperti loop for, loop while, kontruksi if-else-end dan konstruksi switch-case.
Berikut contoh penggunaan kontrol program dengan membuat program penentu bilangan ganjil atau genap pada aplikasi matlab :
1.      Bukalah aplikasi matlab yang sudah terinstall di PC anda, kemudian pilih >> New M-File (Ctrl-N)
2.      Ketikkan script / kode / listing program matlab berikut ini :
x = input('Masukkan nilai : ');
nilai=mod(x,2);
if nilai==0
    for i=1:5
    ('Nilai adalah bilangan Genap')
end
else
    for i=1:5
    ('Nilai adalah bilangan Ganjil')
end
end
3.      Save dan Run Program maka akan muncul tulisan “Masukkan nilai” pada command window seperti pada gambar dibawah ini :
Gambar hasil Program Penentu Bilangan pada Matlab
 Gambar Pada Command Window setelah di RUN
4.      Dan silahkan masukkan nilai apa saja contoh kita masukkan nilai 7, kemudian enter. Maka hasilnya akan seperti ini :
Gambar Pada Command Window setelah di RUN
 Gambar hasil Program Penentu Bilangan pada Matlab
5.      Nilai 7 akan dinyatakan sebagai bilangan ganjil dan pernyataan tersebut berulang sebanyak 5 kali karena kita menggunakan loop for.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Bergabung dulu untuk meninggalkan komentar Anda,Terima Kasih...!!!