TUTORIAL MIKROKONTROLER

A. Pengenalan Mikrokontroler
Sebelum kita mengenal lebih jauh tentang mikrokontroler ? kita harus mengetahui terlebih dahulu apa sih mikrokontroler itu ? Mikro itu artinya kecil dan kontroler itu artinya pengontrol/pengendali sehingga dapat diartikan suatu komponen kecil atau chip yang dapat diprogram yang berfungsi sebagai pengontrol (otak) atau lebih lengkapnya Mikrokontroler adalah otak dari suatu sistem elektronika seperti halnya mikroprosesor sebagai otak komputer dimana dia berfungsi sebagai pengendali/pengontrol. Namun mikrokontroler memiliki nilai tambah karena didalamnya sudah terdapat memori dan sistem input/output dalam suatu kemasan IC.
Mikrokontroler memiliki berbagai versi dimana produsen-produsen mikrokontrolernya antara lain seperti : ATMEL, Microchip, Maxim, Renesas, dan philips. Untuk menentukan mikrokontroler mana yang ingin anda gunakan, ada baiknya anda tentukan spesifikasi yang anda inginkan, Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan antara lain :
• Jumlah port yang dimilikinya
• Ukuran memori mikrokontroler
• Fitur ADC, timer, dan fasilitas komunikasi 12C
Penampilan LCD
• Kecepatan eksekusi instruksi
• Dan dukungan software yang dapat digunakan
Tapi pada tutorial ini kita berfokus pada mikrokontroler dari ATMEL yaitu mikrokontroler AVR.( Alf and Vegard RISC/ Advanced Virtual RISC) dimana RISCnya adalah Reduced Instruction Set Computer. Arsitektur mikrokontroler jenis AVR pertamakali dikembangkan pada tahun 1996 oleh dua orang mahasiswa Norwegian institute of Technology yaitu Alf-Egil Bogen dan Vegard Wollan.Mikrokontroler AVR kemudian dikembangkan lebih lanjut oleh Atmel. Seri pertama AVR yang dikeluarkan adalah mikrokontroler 8 bit AT90S8515, dengan konfigurasi pin yang sama dengan mikrokontroler 8051, termasuk address dan data bus yang termultipleksi.

Klik Disini untuk Download Selengkapnya (Ziddu)

Klik Disini untuk Download Selengkapnya (4shared)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Bergabung dulu untuk meninggalkan komentar Anda,Terima Kasih...!!!